Benarkah Gerhana Matahari Besok dipercaya Tanda Kiamat?

Berita Terbaru – Besok Rabu, 9 Maret 2016 merupakan hari yang sangat bersejarah bagi umat manusia karena kita semua akan menyaksikan fenomena alam terbesar yaitu Gerhana Matahari. peristiwa ini sendiri hanya terjadi dalam beberapa puluh tahun sekali dan hanya tempat-tempat tertentu saja yang akan menyakiskanya.

namun, banyak orang yang bertanya-tanya benarkah gerhana matahari besok di percaya sebagai tanda kiamat?

banyak orang yang khawatir dengan pertanyaan ini termasuk saya dan kamu juga kan? tetapi, jangan sampai terlalu paranoid terlebih dahulu. sebab, hari kiamat merupakan rahasia Tuhan dan kita manusia tidak memiliki pengetahuan sedikitpun.

Gerhana Matahari Total Besok

Gerhana Matahari Besok dipercaya Tanda Kiamat

dalam tradisi bangsa tertentu, gerhana matahari merupakan hari penghakiman bagi umat manusia. sementara itu menurut mitologi jawa sendiri gerhana matahari terjadi karena Batarakala sedang memakan matahari itu dilakukan karena Batarakala ingin hidup abadi dengan cara mencuri sari pati matahari.

seorang pemuka agama kepada WorldNetDaily dilaporkan The Independent meyakinkan bahwa fenomena gerhana sebagai tanda kiamat itu hanya keyakinan tradisional yang sudah sepatutnya ditinggalkan karena kita hidup di jaman modern seperti sekarang ini.

bagi kamu penganut agam muslim sebelumnya Nabi Muhammad SAW juga bersabda :

“sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua ayat (tanda) diantara ayat-ayat allah. tidaklah terjadi gerhana matahari dan bulan karena kematian seseorang atau karena hidup(lahirmya) seseorang. apabila kalian melihat (gerhana) matahari dan bulan, maka berdo’alah kepada allah dan sholatlah hingga tersingkap kembali.” (HR. Al-Bukhari no. 1043, dan Muslim no. 915)

Baca Juga :   5 Alasan Wanita Mandiri Memiliki Daya Tarik Kuat Di Mata Pria

Jadwal lengkap Gerhana Matahari Total

seperti yang sudah kita bahas di awal tadi bahwa akan terjadi mement langka yang sangat hebat dan kita bisa menyaksikanya mungkin sekali dalam seumur hidup kita. namun, tidak semua wilayah indonesia dapat menyaksikan matahari total secara langsung.

menurut BMKG hanya ada 11 provinsi yang akan dilalui gerhana yaitu Bengkulu, Sumatra Selatan, Jambi Bangka Belitung, Kalimantan Barat, kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

walaupun gerhana matahari akan terjadi di pagi hari, setiap daerah memiliki waktu yang tidak sama. wilayah Indonesia bagian barat akan terjadi pada pukul 06:20 WIB dan puncaknya pukul 06:21 WIB. dan wilayah Indonesia bagian Tengah dimulai pukul 07:21 WITA dan puncaknya pukul 08: 38 WITA.

sementara untuk Indonesia Bagian Timur akan dimulai pukul 08:36 WIT dan puncaknya pukul 09:52 WIT. jika saya tinggal di daerah yang dilewati oleh gerhana matahari total pasti rasanya senang sekali. tetapi, sayangnya saya tinggal di pulau Jawa.

bagi kamu yang tinggal di wilayah yang dilewati oleh gerhana matahari total besok silahkan tinggalkan komentar di kolom bawah gerhana matahari besok ya.