Jauhi Prasangka

Ini adalah sebuah kisah inspiratif. Semoga dapat diambil hikmahnya.

Ini adalah sebuah kisah tentang dua orang sahabat yang selalu berbagi dalam suka dan duka sedari jaman masih sama-sama belum berkeluarga. Kisah ini mungkin adalah kisah yang sederhana, tetapi bisa saja kisah ini terjadi pada adik, kakak, teman, orangtua, saudara, bahkan pada diri kita sendiri.

Pada suatu hari seorang sahabat karib meng SMS sahabatnya yang sudah dianggapnya sebagai saudara. “Bang, aku sedang butuh dana mendadak 500 ribu rupiah, penting dan darurat bang, tolong aku dipinjami dulu bang,” begitu bunyi SMS tersebut.

Prasangka

Prasangka (Img:BBC)

Tidak berapa lama sahabatnya pun membalas SMS tersebut. “Tunggu ya Bang, lebih kurang 30 menit, nanti aku transfer dananya,” begitu isi balasan SMS tersebut.

Waktu terus berjalan, waktu yang ditentukan pada akhirnya lewat dari 30 menit. Sang sahabat sudah mulai dihinggapi perasaan kecewa pada sahabat yang menjanjikan membantunya tersebut. Tanpa kabar, tidak ada berita dan tidak ada jawaban saat ditelpon dan SMS. Bahkan HP sahabatnyapun akhirnya terdengar tidak dapat dihubungi.

Timbul rasa kecewa dan sedih karena merasa sahabat yang sudah dianggap saudara telah melupakan dan meninggalkannya. Ditunggu hingga 2 jam HP sahabatnya tidak aktif.

Baca Juga :
5 Penyebab Perselingkuhan Dalam Hubungan Asmara
Cara Menghadapi Seseorang yang Marah Pada Anda

Sang sahabat kembali mengirim SMS yang bunyinya, “selama ini kita sudah selalu saling membantu seperti saudara, tapi sekarang kenapa abang menghindariku ? Apa aku punya salah dengan abang ?”

Akan tetapi SMS inipun tida dapat terkirim.

Menunggu, itulah yang hanya dapat dilakukan sang sahabat ini. Hingga pada akhirnya ada telpon masuk dari sahabatnya. Saat baru akan menanyakan ada masalah apa, sang sahabat mengatakan bahwa ada SMS masuk dan ijin untuk membacanya sebentar karena takut SMS tersebut adalah penting.

Ternyata SMS yang masuk tadi adalah SMS yang tertunda dari sahabatnya. Dan setelah dibaca maka sahabatnya kembali menelpon.

“Astaghfirullah bang, semoga Allah mengampuni abang. Aku tidak pernah berniat untuk mematikan HP dan lari darimu. Aku mematikan HP karena aku sedang menjual HP ku untuk membantu abang. Lalu, dari sisa penjualan HP ini aku belikan HP bekas yang lebih murah agar dapat menghubungi abang”.

Quote inspiratif. untuk anda yang selalu berprasangka.

Jangan berprasangaka buruk pada orang lain agar Anda terhindar dari prasangka buruk orang lain.
Albert Einstein

Akal sehat adalah kumpulan prasangka yang didapat sejak usia 18 tahun.
Tere Liye

Dengan berprasangka baik saja, hati kau masih ketar-ketir memendam duga, menyusun harap, apalagi dengan prasangka negatif, tambah kusut lagi perasaan kau.
Voltaire

Prasangka adalah alasan orang bodoh.
Jerinx

Opini yang dibangun berdasar prasangka tanpa fakta adalah awal dari berakhirnya sebuah kebenaran.
William Hazlitt

Prasangka adalah turunan dari kebodohan.
Dheean Reean

Jatuh cinta itu cuma satu. Jatuh dengan bebas, tanpa prasangka ataupun penyesalan.
Marcel Atland

Prasangka dibenci bukan karena dirinya sendiri, tetapi karena ia menyebabkan ornang-orang mempercayainya.
Jules Romains

Sahabat paling baik dari kebenaran adalah Waktu, musuhnya yang paling besar adalah Prasangka, dan pengiringnya yang paling setia adalah Kerendahan hati.
Ching Hai

yang merupakan cara kelenturan. Apabila kita terbiasa dengan kelenturan, maka (kita) terbiasa dengan berbagai perubahan dadakan, kita terbiasa dengan tindakan segera, tindakan spontan, bukan tindakan prasangka, itulah cara yang terbaik.
Stephen Covey

Sinergi adalah apa yang terjadi ketika satu tambah satu sama dengan sepuluh atau seratus atau bahkan seribu. Itu adalah sebuah hasil yang baik ketika dua manusia terhormat atau lebih melewati prasangka mereka untuk menghadapi sebuah tantangan yang besar.
Marcel Arland

Prasangka dibenci bukan kerana dirinya sendiri, tetapi kerana ia menyebabkan orang mempercayainya.

Leave a Reply