Bertengkar Sehat Dengan Pasangan

SHUNEO.net – Bertengkar Sehat Dengan Pasangan – Seharmonis apapun pasangan suami istri pastiakan ada kerikil-kerikil tajam didalamnya. Bertengkar dengan pasangan tidak selalu negative, ada nilai positif didalamnya.

Pertengkaran pada setiap pasangan suami istri sebetulnya merupakan hal yang wajar-wajar saja dalam dinamika kehidupan berumah tangga. Biasanya pertengkaran paling sering terjadi di awal-awal sebuah pernikahan (tahun pertama-kedua), karena merupakan terjadinya proses awal dari sebuah penyesuaian masing-masing individu.Bertengkar Sehat Dengan Pasangan

Bertengkar Sehat Dengan Pasangan

Namun ada beberapa tips yang bisa menjadikan pertengkaran menjadi pertengkaran yang positif dan sehat serta tidak keluar dari alur masalahnya, yaitu:

  1. Menyadari, memperjelas serta pelajari terlebih dahulu isu atau pokok masalah yang sedang diperdebatkan. Banyak pasutri yang jika bertengkar justru akan membuatnya larut bahkan melupakan pokok masalah yang sedang dibahas dan diselesaikan. Dengan begitu kita akan terbiasa untuk selalu fokus pada satu masalah yang ingin diselesaikan.
  2. Kepala bisa panas, tapi pertengkaran jangan dijadikan ‘ajang debat kusir’ tanpa ujung. Walau dalam kondisi bertengkar kita harus tetap memberi contoh yang baik pada buah hati dengan cara memberi kesempatan pada orang lain untuk berbicara dan kita mendengarkan.
  3. Pergunakanlah kata-kata yang baik dan sopan didengar. Saat sedang bertengkar dengan pasangan hindari kata-kata yang ‘berkesan’ sombong atau individu. Saat bertengkar sebaiknya menggunakan kata ‘saya’ daripada ‘kamu’ atau ‘saya tidak setuju’ daripada ‘ide kamu bodoh’.
  4. Tidak perlu memaksakan diri untuk menyelesaikan masalah atau mencapai kata sepakat saat itu juga. Terkadang kita membutuhkan waktu untuk dapat berpikir jernih sehingga keputusan yang diambil tidak keliru atau dapat mencapai titik temu yang baik bagi Anda berdua.
  5. Ingat untuk tetap mempunyai rasa saling menghormati dengan pasangan. Sesungguhnya pasangan hidup kita bukanlah orang asing yang baru sehari atau dua hari Anda kenal. Jadi perlakukanlah selayaknya Anda ingin diperlakukan.
  6. Pertengkaran yang sehat akan membawa dampak yang positif. Dampak positif ini tentunya akan membawa perubahan-perubahan untuk menjadi lebih baik. Jadi berusahalah bertengkar dengan sebuah hasil yang baik untuk saat ini dan masa depan.

Jadi siapa bilang bertengkar itu hanya akan berakhir dengan permusuhan, itu pendapat yang salah ya….

Semoga Artikel Bertengkar Sehat Dengan Pasangan ini bisa bermanfaat dan salam.

Leave a Reply